Seiring bertambahnya usia tentu saja kita akan mengalami berbagai macam perubahan. Perubahan tersebut seperti daya tahan tubuh yang tidak sekuat dulu lagi. Menurunnya daya tahan tubuh tadi tentunya harus kita waspadai karena jika kita salah dalam melakukan sesuatu akan berakibat pada kesehatan. Banyak hal yang harus kita perhatikan terutama jika memasuki usia tua.

Ubahlah Pola Hidup Menjadi Lebih Sehat

Ketika kita menginjak usia tua hal yang harus kita perhatikan adalah masalah pola hidup. Terkadang ketika kita masih muda tidak ada pantangan makanan, sedangkan jika kita sudah tua akan banyak pantangan dalam hal makanan. Saat muda kita bebas makan-makanan yang mengandung lemak dan sebagainya, tetapi jika kita sudah tua makanan itu akan menimbulkan penyakit.

Agar kita tetap bisa sehat terutama di usia tua ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa hal tersebut seperti:

  1. Makanan

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan. Makanan tersebut seperti gandum, buah maupun sayuran. Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu kolesterol.

  1. Olahraga

Walaupun fisik tidak sekuat dulu akan tetapi bukanlah suatu alasan untuk tidak berolahraga. Usahakan untuk olahraga ringan seperti jalan kaki saja sudah cukup.

  1. Kontrol penggunaan garam

Penggunaan garam yang berlebihan pada makanan tidak baik untuk lansia. Usahakan untuk menggunakannya sekitar 3 sampai 4 gram saja. Jika para lansia mengonsumsi garam dalam kadar yang berlebih tentu hal ini tidak baik dan menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi.

Beberapa hal sederhana diatas dapat kalian jadikan sebagai salah satu acuan jika ada keluarga atau kenalan yang sudah lansia. Kalian dapat membantu masalah kesehatan mereka dengan menerapkan pola hidup diatas. Serta sebisa mungkin ciptakan suasana yang tidak menimbulkan stress untuk para lansia di sekitar kita.

Beban pikiran yang berlebihan tentu saja hanya akan menambah masalah untuk mereka. Serta bukan tidak mungkin akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan. Ajak mereka pada kegiatan yang mengarah pada kebahagiaan seperti jalan-jalan, meditasi, bercanda kemudian tertawa bersama dan berbagai macam kegiatan sejenisnya.

Related posts: