Bayi butuh stimulasi untuk perkembangan otaknya. Permainan adalah salah satu stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas yang bisa Anda kerjakan. Stimulasi ini bisa membantu otak bayi berkembang yang mengakibatkan fungsi penglihatan, pendengaran dan lainnya mengalami peningkatan. Menstimulasi bayi juga menjadi bentuk perhatian orang tua pada anaknya.

Permainan sederhana untuk bayi

Dengan stimulasi ini, Anda bisa membangun hubungan anak-orang tua sekaligus merangsang kemampuan indranya. Stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas juga menjadi bakal dari kecerdasan anak nantinya. Maka optimalkan perkembangan otak anak Anda dengan stimulasi.

Salah satunya adalah dengan melakukan permainan, berikut beberapa permainan yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi perkembangan anak:

  • Ci-luk-ba

Permainan ci-luk-ba ini bisa merangsang penglihatan dan fokus bayi. Selain itu, permainan ini menarik perhatian bayi. Selain itu, dengan melakukan permainan ini Anda bisa melakukan eye contact dengan bayi.

  • Peluk cium

Dengan pelukan dan ciuman membuat anak lebih mandiri dan mampu mengontrol emosi dan kecerdasan mental. Dekaplah dan ucapkan kata-kata sayang, serta menciumnya pada bagian dahi, hidung dan jari untuk menunjukkan kasih sayang.

  • Baby talk

Membangun komunikasi dengan anak secara diri akan membangun hubungan emosional dan bahasa pada anak. Otak bayi akan terstimulasi dalam perkembangan komunikasi.

  • Ajak anak mendengarkan musik

Mendengar musik bisa meningkatkan kerja jantung dalam memompa oksigen. Hal ini dikarenakan denyut jantung meningkat karena mendengar musik. Selain itu, pernapasan bayi menjadi lebih lancar.

  • Bermain dengan boneka atau mainan

Pilihlah mainan yang bisa menarik perhatian bayi. Perlihatkan pada bayi kemudian jauhkan dekatkan dengan bayi saat bayi memperhatikan mainan tersebut. hal ini akan merangsang fokus pada bayi.

Perkembangan bayi yang mulai mengalami kemajuan harus selalu diperhatikan. Berikan stimulasi-stimulasi yang bisa menarik perhatian bayi dan meningkatkan ketajaman indra dan perkembangan otak.

Semakin sering Anda menstimulasi, maka semakin banyak perkembangan yang dirasakan. Pada saat ini momen-momen untuk membangun hubungan emosional bisa dikembangkan lebih sering. Sebab, perkembangan emosional anak mempengaruhi kecerdasan anak. Jadi untuk stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas berfokus pada perkembangan emosional.

Related posts: