Kulit yang lembab memang bagus, tetapi jika lembab karena minyak berlebih pastinya juga dapat merusak penampilan wajah. Wajah yang berminyak akan sulit saat menggunakan make up. make up akan cepat luntur. Lalau bagaimana cara menjaga kulit wajah tetap lembab tanpa kelebihan minyak ?

Cara Sehat Mengontrol Minyak Wajah

Untuk menjaga kondisi kulit tetap lembab namun tidak kelebihan minyak, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kondisi minyak berlebih di wajah.

  1. Membersihkan Wajah secara Rajin

Pertama adalah lakukan pembersihan wajah secara rutin dua kali sehari. Gunakan milk cleanser, facial wash dan toner sebagai pembersih rutin untuk kulit wajah kamu. Bersihkan wajah dari sisa-sisa make up yang menempel, terutama ketika Anda kana tidur pastikan bahwa wajah dalam kondisi bersih sebelum menggunakan krim malam.

  1. Membersihkan Wajah dengan Air Hangat

Air hangat dapat berfungsi untuk membuka pori-pori kulit wajah. dengan terbukanya pori-pori kulit wajah ini akan mengontrol jumlah minyak berlebih di wajah. Kamu dapat menggunakan wash lap untuk mengompres wajah dengan air hangat. Kamu juga bisa membersihkan wajah dengan air hangat untuk membilas kulit wajah.

  1. Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah sejak dulu dikenal sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah. Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan. Kedua zat ini mampu menahan timbulnya jerawat dan mengatasi minyak berlebih di kulit wajah. Gunakan jeruk nipis sebagai masker atau toner.

  1. Masker Alpukat

Di dalam alpukat terdapat karotenoid antioksidan, vitamin C dan E yang berkhasiat baik untuk kulit. Vitamin C dalam alpukat berguna untuk mengenyalkan dan menghaluskan kulit wajah. vitamin E yang ada pada alpukat sangat baik untuk mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa menjadikan alpukat sebagai masker dengan mencampurkannya dengan madu.

Itulah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengontrol jumlah minyak pada kulit wajah.

Related posts: