Menimba ilmu di perguruan tinggi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari untuk membayar uang kuliah semesteran, membayar uang kost, dan biaya hidup. Bagi  mahasiswa yang kalangan menengah ke bawah, mereka sering mengeluh mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai macam kebutuhan perkuliahan, mulai dari membeli buku, mengerjakan tugas, hingga memfotokopi materi. Terkadang uang yang diberikan orang tua tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang tidak ingin putus kuliah karena terkendala biaya, kita perlu mencari penghasilan sendiri walaupun kecil-kecilan. Ada beberapa peluang usaha yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sambil kuliah, diantaranya adalah:

Berjualan Kerudung

Mahasiswa sebuah perguruan tinggi biasanya didominasi oleh kaum perempuan. Seperti yang kita tahu, kaum hawa ini sangat memperhatikan masalah fashion. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali mahasiswi yang mengenakan hijab. Kita bisa memanfaatkan keadaan ini dengan berjualan kerudung. Agar jualan kita menarik, kita harus menjual kerudung yang jarang dijual dipasarkan. Caranya adalah dengan membeli kain sebagai bahan kerudung, kemudian kita potong sesuai dengan ukuran pada umumnya di tukang penjahit. Dengan begitu, dapat meringankan modal serta kerudung dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Berjualan Air Mineral Di Kelas

Sebagian besar kelas di perguruan tinggi berada pada lantai-lantai atas yang jauh dari kantin. Kita bisa berjualan air mineral di kelas karena biasanya mahasiswa malas untuk turun ke bawah sekedar membeli air minum, apalagi kalau kelas padat. Kenapa berjualan air mineral ? karena air mineral cukup praktis dijual di dalam kelas dan tidak menimbulkan bau, apalagi di ruangan ber-AC. Selain itu, biasanya haus tidak bisa ditahan daripada orang lapar. Jadi berjualan air mineral lebih berpeluang daripada menjual makanan di dalam kelas.

Menjadi Guru Les

Dalam dunia perkuliahan, biasanya ada yang membuka lowongan untuk mengajar anak SD atau SMP sebagai guru les. Itu dapat kita manfaatkan sebagai peluang usaha untuk mencari penghasilan tambahan.   

Related posts: