Kopi, siapa yang tidak tahu dengan jenis biji – bijian satu ini. Ya, dari mulai anak muda dan orang tua banyak yang suka dan menjadi penikmat minuman yang satu ini. Indonesia, dikenal juga sebagai penghasil biji – biji kopi terbanyak dan jenisnya pun sangatlah beragam. Ini merupakan kesempatan besar bagi Anda jika ingin berbisnis menggunakan kopi.

Jual Beli Biji Kopi

Dikarenakan memiliki jenis kopi yang sangat bervariasi, Anda bisa mencoba untuk membuat bisnis jual beli biji kopi, atau kalau Anda berani Anda bisa mengexport biji – bijian kopi keluar negeri. Karena pasti disana kopi – kopi Indonesia banyak disukai dan akhirnya Anda juga secara tidak sengaja memperkenalkan kopi Indonesia ke kancah luar negeri.

Dan jika Anda mau mempelajari lebih dalam tentang kopi, Anda bisa menjadi pebisnis kopi yang handal. Akan banyak sekali pebisnis kopi juga yang ingin bekerja sama dengan Anda. Keuntungan dari berbisnis kopi juga sangatlah besar, dengan memanfaatkan lahan yang kecil Anda juga bisa memproduksi kopi.

Atau Anda cukup membeli kopi dari para petani, harganya pasti akan lebih murah ketimbang Anda membeli kopi dari sebuah agen kopi. Setelah itu Anda bisa menjual kopi tersebut ke agen – agen atau toko – toko dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Jangan dulu mengambil untung terlalu banyak, karena setiap bisnis itu harus dibangun perlahan. Jangan selalu mementingkan untung yang banyak, utamakan dahulu kualitas produk kopi yang akan Anda jual. Anda harus mencoba mencari petani kopi yang memang bisa dan mau dijadikan partner untuk bisnis kopi Anda ini.

Jika Anda sudah bisa menemukannya, jalinlah relasi yang kuat agar para petani tidak kabur dari bawah manajemen Anda. Jangan menawar harga kopi terlalu rendah kepada para petani, lakukanlah dealing yang sama – sama tidak memberatkan satu sama lain. Nanti perlahan jika memang bisnis kopi Anda sudah mulai berkembang, Anda bisa menarik banyak petani kopi barulah Anda bisa menaikkan harga untuk produksi kopi tersebut.

Related posts: