Di masa sekarang ini banyak orang yang belum  bisa membedakan antara perbedaan haji dan umroh. Padahal di antara keduanya sudah sangat berbeda, mulai dari waktu pelaksanaan, biaya anggaran yang akan dikeluarkan untuk umroh dan haji, dan lain sebagainya. Setelah kita tahu perbedaan haji dan umroh tentunya kita bisa membedakan dan bisa merasakan aman yang akan kita kerjakan haji atau umroh.

Apa Keutamaan Haji Dibanding Dengan Umroh?

Banyak yang membandingkan antara haji dan umroh, keduanya memiliki tingkat ibadah yang setara. Hanya saja haji dan umroh memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Kelebihan dan kekurangan yang ada digunakan agar kita bisa menjalankan rukun Islam kelima tersebut. Berikut beberapa keutamaan haji dibanding dengan umroh.

  • Pelaksana haji lebih banyak dibanding dengan umroh

Kita bisa banyak mengenal orang yang ada di beberapa negara Islam. Karena pada saat yang bersamaan mereka melaksanakan haji secara serentak. Karena memang waktu haji di setiap negara sama saja dan hanya dilakukan setiap satu tahun sekali saja dan haji hanya dilakukan hanya pada musim itu saja.

  • Haji bisa merasakan melempar jumrah pada 13 Dzulhijjah

Haji merupakan ibadah yang telah ditentukan dan hanya bisa dilakukan di musim haji saja. Pada masa haji yang ditetapkan tanggal 13 Dzulhijjah itu kita bisa melakukan lempar jumrah. Hal yang dilakukan pada musim haji ini tidak akan kita jumpai di saat kita melaksanakan umroh. Ini merupakan perbedaan haji dan umroh yang sangat mencolok.

  • Setelah haji kita akan dibesut sebagai haji

Status sosial merupakan pemicu mengapa kita lebuh baik melakukan haji dibanding dengan umroh. Jika kita telah pulang haji kita akan disebut sebagai bapak atau ibu haji. Secara sosial sebutan tersebut terlihat dan terdengar lebih mengasyikkan. Sedangkan jika kita melakukan umroh kita tidak akan mendapatkan sebutan apa pun.

Bagaimana apa kalian akan melakukan ibadah haji di waktu terdekat ini? sudahkah kalian paham terkait perbedaan haji dan umroh? Yuk ajak saudara dan orang terdekat untuk melaksanakan rukun Islam yang lima ini.

Related posts: