image_20180129_053117_49

image_20180129_053117_49

Menjadi orang tua merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi bagi seorang wanita, akan terasa lengkap hidupnya ketika memiliki anak. Tentunya bunda harus mengetahui ilmu mengenai tahap perkembangan bayi tiap bulan karena hal ini sebagai modal untuk mengetahui bagaimana cara menangani anak Anda di setiap fase perkembangan linguistic anak. Peran orang tua dalam hal ini sangat penting, ayah dan bunda harus intens dalam mengajak berbicara anak karena hal tersebut agar perbendaharaan kosa kata anak semakin banyak. Setidaknya walaupun anak belum mampu mengucapkan kata-kata tersebut, tetapi setidaknya anak telah familier dengan kata-kata tersebut. Tahukah Anda, bahwa untuk bisa mencapai kesempurnaan kalimat yang dapat diucapkan setiap anak terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui anak? Pada setiap tahap ini tentunya harus ada peran ayah dan bunda untuk membantu anak.

Kenali Awal Tahap Perkembangan Bayi Tiap Bulan

Ada beberapa tahap perkembangan bayi tiap bulan yang perlu ada ketahui apalagi Anda adalah seorang ibu baru. Pada tahap awal, yaitu 0-12 bulan merupakan fase awal anak Anda yang mana di dalamnya diisi dengan kemampuan anak dalam merespons suara di sekitarnya, ataupun tertarik dengan wajah seseorang. Dalam tahap ini anak baru dapat mengekspresikan keinginan mereka dengan cara menangis, tertawa, dan menjerit. Dalam hal ini ayah dan bunda harus rajin-rajin dalam mengajak bicara anak Anda. walaupun belum mampu menirukan tetapi interaksi ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak selanjutnya. Kemudian pada bulan selanjutnya yaitu bulan ke 10-16 anak mulai mampu mengucapkan satu dua kata. Misalnya, nama orang-orang yang ada di sekitarnya kalau tidak ya satu kata kerja setiap menginginkan sesuatu. Tentu masa-masa ini merupakan masa lucu-lucunya anak karena kata-kata yang mereka keluarkan belum jelas dan barangkali hanya bunda saja yang mengetahui maksud dari kata-kata yang dikeluarkan anak Anda.

Masih ada banyak tahap perkembangan bayi tiap bulan yang dapat Anda ketahui pada artikel selanjutnya. Tentu saking pentingnya tahap perkembangan anak baik dalam hal motorik maupun psikomotorik ini harus Anda perhatikan dan pantau baik-baik karena hal ini tidak akan terulang dua kali. Maka nikmati dan syukuri rezeki yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: