image_20180108_035854

image_20180108_035854

Cara menghitung tahun kabisat sebenarnya bisa di lakukan dengan menggunakan beberapa macam rumus atau cara. Namun pastinya ada beberapa hal penting di dalam perhitungan tahun kabisat di antaranya adalah perbedaan dalam cara menentukan dan menghitung tahun kabisat menurut jenis kalender yang di pakai. Kita saat ini menggunakan 2 jenis kalender yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriah. Namun ada juga jenis kalender lainnya seperti kalender Tionghoa dan Yahudi yang memiliki sistem penanggalan yang berbeda namun tidak banyak di pakai masyarakat umum. Nah kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dari cara perhitungan jenis tahun kabisat dari jenis kalender yang di pakai.

Beberapa Cara Menghitung Tahun Kabisat Dari Jenis Kalender

Ada dua jenis kalender yang di pakai yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriah. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal cara menghitung tahun kabisat di antaranya adalah:

  • Revolusi bumi

Kalender Masehi di buat dengan dasar perhitungan di mana ada revolusi bumi mengelilingi matahari. Maka ada perhitungan di mana satu tahun memiliki jumlah hari sebanyak 365 hari kecuali untuk tahun kabisat sebanyak 366 hari dengan penambahan 1 hari di bulan Februari.

  • Revolusi bulan

Untuk membuat kalender Hijriah atau Komariah di dasarkan pada perputaran bulan mengelilingi bumi di waktu satu bulan yaitu mencapai 29 1/2 hari. Maka jumlah hari dalam satu bulan adalah sebanyak 354 hari untuk tahun biasa dan ada sebanyak 355 hari untuk tahun kabisat dengan penambahan 1 hari di bulan Dzulhijjah.

  • Selisih hari

Dan selisih hari pada kalender Hijriah dan Masehi sendiri ada sekitar 11 hari. Hal ini di sebabkan karena jumlah hari yang di habiskan dalam satu kali revolusi bulan lebih banyak 11 hari daripada jumlah hari yang di habiskan dalam satu hari revolusi bumi.

Penjelasan tersebut di atas merupakan sedikit ulasan mengenai perbedaan yang ada dalam penentuan dan perhitungan jumlah hari baik dalam tahun biasa maupun jumlah hari yang ada dalam tahun kabisat. Kalender Masehi merupakan jenis kalender yang umum di pakai oleh masyarakat saat ini. Sedangkan kalender Hijriah sendiri di gunakan oleh umat Muslim khususnya untuk menentukan waktu ibadah di bulan Ramadhan. Demikian ulasan singkat tentang cara menghitung tahun kabisat.

Related posts: