Pengertian NPWP mulai disosialisasikan sejak pemerintah mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun untuk menegakkan aturan pajak. Sehingga sudah jelas mulai tahun tersebut sudah tak ada lagi wajib pajak yang tidak memiliki NPWP. NPWP sendiri merupakan sebuah nomor yang diberikan pada setiap wajib pajak. Adapun wajib pajak baik perseorangan atau lembaga yang terdiri dari pemotong pajak, pemungut pajak dan pembayar pajak.

NPWP berfungsi sebagai kartu identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak terkait dalam urusan pelaksanaan hak dan kewajibannya dalam pajak. Dan kali ini Kita akan membahas tentang jenis pajak yang terdiri dari dua macam.

Dua Jenis NPWP Beserta Yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda memahami apa Pengertian NPWP maka Anda juga akan mengetahui apa manfaat dari adanya NPWP. Dan untuk mendapatkan manfaat yang banyak dari kepemilikan NPWP Anda bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan NPWP. Syarat yang tak rumit, proses yang cepat sekaligus gratis tanpa biaya menjadi kemudahan lainnya dalam mengurus NPWP.

Jenis NPWP yang pertama adalah NPWP pribadi. Ini adalah jenis NPWP yang dimiliki oleh setiap orang yang memiliki penghasilan dari pekerjaannya di Indonesia. NPWP pribadi dimiliki oleh Anda yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai yang bekerja pada seseorang. Tentu saja ada perbedaan data yang tertulis dalam NPWP pribadi dan lembaga.

Kemudian jenis yang kedua adalah NPWP lembaga atau badan. Ini adalah jenis NPWP yang dimiliki oleh setiap badan, lembaga atau perusahaan yang memiliki atau memberikan penghasilan di Indonesia. Perbedaan yang ada tentu terletak pada data yang dimiliki setiap karyawan sekaligus data dari perusahaan.

Adapun manfaat dari NPWP pribadi adalah untuk memberikan Anda kemudahan dalam hal administrasi pajak. Dengan kepemilikan NPWP maka Anda akan mendapatkan penghitungan pajak yang akurat dan data tak akan keliru. Sedangkan NPWP badan tentunya manfaat yang dimiliki hampir sama. Yang membedakan hanyalah ruang lingkup administrasi untuk NPWP badan jauh lebih luas. Demikian ulasan singkat tentang dua jenis NPWP yang harus Anda ketahui selain Pengertian NPWP yang dibahas di atas.

Related posts: