Kenali Tanda-Tanda Kerusakan Hati

By | September 2, 2017

tips kecantikanHati merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kesehatan seorang manusia. Dalam hal ini, kesehatan hati pun menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Namun, kesehatan hati belum tentu dapat dijaga karena hati dapat rusak karena banyak sekali faktor yang dapat merusak hati dan membuat Anda merasa sakit. Hati merupakan organ yang berfungsi untuk mengolah racun dalam tubuh. Hati juga bertanggung jawab dengan sistem antibodi dalam tubuh Anda. Oleh karenanya, seseorang tak bisa hidup jika fungsi hati terganggu. Anda pun harus melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan hati Anda agar Anda terhindar dari penyakit seperti penyakit kuning. Tak hanya itu, hati yang fungsinya terganggu juga dapat mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat.

Gejala Rusaknya Hati Pada Penderita Liver

Hati memang harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi kerusakan yang parah. Nah, jika Anda mengalami beberapa gangguan pada perut bagian kanan atas, Anda patut curiga bahwa hati Anda bermasalah. Namun, apakah hanya itu gejala yang menandakan bahwa Anda tengah mengalami gangguan fungsi hati? Berikut ini beberapa tanda yang kerap muncul pada penderita penyakit liver.

  1. Rasa tidak nyaman pada perut Anda

Gangguan fungsi hati dapat dirasakan dengan adanya perasaan tidak nyaman pada perut Anda, terutama perut bagian atas. Bahkan, dalam beberapa kasus, rasa sakitnya bisa sangat mengganggu sampai ke bagian punggung yang mengakibatkan tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Rasa tidak nyaman ini pun bisa mengakibatkan mual dan muntah.

  1. Mudah lelah di setiap waktu

Penderita liver sangat mudah lelah. Hal ini mungkin normal bagi orang yang telah melakukan kerja yang berat. Namun, bagi penderita liver rasa lelah akan muncul pada setiap saat. Jadi, walaupun sudah beristirahat dan tidur, rasa lelah akan selalu menghantui si penderita.

  1. Masalah pencernaan yang parah

Seperti yang sudah diketahui, organ hati merupakan salah satu organ yang penting dalam sistem pencernaan. Kerusakan pada hati dapat mengakibatkan tubuh kesulitan dalam menyerap nutrisi yang ada pada makanan.

Itulah tadi beberapa gejala yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi secara dini masalah pada penderita liver, dan ada baiknya segera memeriksakannya ke Rumah Sakit atau dokter ahli bila memang merasakan atau menemukan gejala ini baik pada Anda maupun pada keluarga atau orang yang Anda kasihi.

Related posts: