Perkembangan dan pertumbuhan bayi melalui berbagai tahap sesuai dengan usianya. Pada usia 2 bulan, bayi baru bergerak karena refleks, sedangkan pada usia 3 sampai 4 bulan, mereka sudah mulai bergerak atas kemauan mereka sendiri. Kondisi fisik bayi juga sudah semakin baik, hal itu ditandai dengan semakin kuatnya otot pada bagian leher yang membuatnya mampu untuk berbaring atau telentang dan bisa memandang dengan lurus ke depan lalu kemudian tengkurap. Selain menstimulasi kemampuan fisik bayi, hal yang tak paling penting adalah stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas.

Kemampuan fisik bayi sangatlah mendukung dalam perkembangan kecerdasan bayi. Hal ini saling berkaitan, karena dengan kemampuan fisik yang semakin baik, maka akan memperluas jangkauan sang bayi untuk melakukan eksplorasi. Dengan kemampuan eksplor yang lebih luas, maka dia juga akan mendapatkan banyak wawasan, bahkan sejak masih berumur 3 bulan. Pada usia ini adalah usia optimal untuk pelajaran paling dini.

Orang Sekitar Mempengaruhi Perkembangan Bayi

Kecerdasan bayi di usia dini, terutama pada usia 3 bulan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Semakin banyak stimulasi yang didapatkan, maka akan semakin cepat perkembangannya. Cara stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas adalah dengan tidak terlalu banyak memberikan tangan Anda pada bayi. Maksudnya adalah, dalam beberapa hal, bayi perlu untuk dibiarkan untuk berusaha sebisa mereka. Misalnya ketika si bayi sedang berusaha untuk merubah posisinya menjadi tengkurap, biarkan dia berusaha sebisanya. Dengan begitu dia akan semakin terlatih.

Kemudian orang tua juga perlu untuk mengajak bicara si bayi. Cobalah buat percakapan sederhana dengan si bayi, misalnya dengan mengatakan apakah dia ingin minum ASI. Tujuannya adalah agar si bayi terbiasa dengan kosakata, dan lama kelamaan dia akan belajar dan mengenal bahasa tersebut.

Untuk meningkatkan kecerdasan bayi, cara stimulasi bayi 3 bulan agar cerdas lainnya adalah dengan memberikannya mainan ringan seperti bola. Maka dia akan mencoba untuk melemparkan bola dan nantinya dia juga akan berusaha untuk mendapatkan bola tersebut atas kemauannya sendiri. Dengan cara itu akan membuat bayi berkembang secara motorik maupun kecerdasannya.

Related posts: