Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit ini bisa dialami oleh seseorang akibat pola hidup yang tidak sehat dan juga merokok. Penyakit jantung koroner yang terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah di jantung ini, bisa dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, pengobatan jantung koroner harus segera dilakukan jika Anda mengalami gejala-gejalanya.

Cara Mencegah Jantung Koroner

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Jantung koroner adalah salah satu penyakit yang harus Anda cegah sedini mungkin. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Salah satu penyebab jantung koroner adalah akibat dari menumpuknya lemak di pembuluh darah yang berubah menjadi plak. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak serta kalori tinggi. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Berolahraga Secara Rutin

Olahraga adalah salah satu cara untuk membakar lemak pada tubuh Anda. Lemak-lemak yang semula tertimbun di pembuluh darah Anda dan membuat suplai oksigen menjadi terganggu dapat diproses menjadi energi ketika Anda berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin minimal melakukan lari pagi setiap hari selama 20 menit, hal tersebut dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. Mengatasi lebih baik daripada melakukan pengobatan jantung koroner. Jika Anda memiliki riwayat jantung koroner, maka diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter spesialis Anda tentang jenis olahraga apa yang cocok bagi Anda.

Menghindari stres

Stres adalah salah satu penyebab aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Sehingga oksigen yang seharusnya mengalir secara baik, menjadi terhambat. Oleh karena itu, menghindari stres adalah salah satu cara efektif untuk terhindar dari penyakit jantung koroner. Untuk mengatasi stres, Anda dapat melakukan kegiatan yang disukai agar segala rasa jenuh bisa hilang.

Istirahat yang cukup

Mengatasi lebih baik daripada melakukan pengobatan jantung koroner. Proses metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik jika cukup istirahat. Oleh karena itu, Anda perlu waktu untuk beristirahat paling tidak 7 jam dalam sehari. Jika Anda kurang tidur maka risiko penyakit jantung akan lebih besar.

Related posts: