Apabila Anda merupakan seorang mahasiswa dan ingin menjalankan usaha yang bisa memberikan tambahan uang saku, Anda bisa memilih banyak cara. Namun, ada juga cara yang bisa memberikan Anda uang lebih banyak, pengetahuan lebih banyak dan pengalaman yang luar biasa. Jika Anda tertarik dengan usaha ini, tentunya Anda juga harus memiliki hobi jalan-jalan atau travelling.

Apa sih, sesungguhnya usaha yang tengah dibahas ini? Usaha menjadi tour guide freelance bukan hal yang baru. Namun, mengapa tidak membuat beberapa hal yang unik dan menarik sehingga layanan Anda lebih digemari oleh turis? Di bawah ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda bisa memperoleh keuntungan dari usaha tour guide.

Usaha Mudah Hanya Bermodal Ilmu

Ketika Anda memulai usaha, mungkin Anda akan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya tentu adalah modal yang harus dikeluarkan. Kini, banyak sekali yang merasa bahwa membuka usaha justru bisa menguras isi kantong karena modal yang tidak sedikit. Nah, ini dia beberapa tips membuka usaha sebagai tour guide dengan modal murah meriah.

  1. Pastikan Anda memilih satu lokasi yang Anda sukai. Sebagai contoh, mungkin Anda tinggal di daerah Yogyakarta dan ingin menjadi tour guide untuk wisatawan yang berkunjung ke sana. Nah, pastikan Anda fokus pada lokasi-lokasi wisata yang ada di sekitar Yogyakarta.
  2. Pelajari juga sejarah, nilai-nilai budaya dan aspek kebudayaan yang dimiliki oleh tempat wisata atau ikon wisata yang ada di tempat tersebut. Anda bisa memilih banyak cara untuk memastikan bahwa jasa Anda bernilai. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa Anda memahami seluk beluk tempat tersebut.
  3. Jangan ragu untuk bekerja sama dengan beberapa agen wisata. Walaupun tidak bisa selalu dijadikan prioritas ketika memilih rekanan karena Anda mungkin dihadapkan dengan kesibukan kuliah, namun rekanan agen wisata bisa memberikan Anda bayaran yang lumayan sekaligus channel yang lebih luas.

Nah, itu tadi tiga tips penting yang bisa diterapkan untuk memulai usaha Anda sebagai tour guide. Dalam hal ini, pastikan Anda senantiasa belajar dan menambah ilmu supaya layanan Anda memuaskan!

Related posts: