Inilah Informasi Prosedur Membeli Tanah

By | October 3, 2017

prosedur membeli tanahApakah Anda ingin memiliki tabungan masa depan? Jika iya maka jawabannya adalah dengan melakukan investasi. Bukan hal baru lagi jika banyak orang melakukannya dan pembelian tanah bisa menjadi sebuah ide yang tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi. Tapi tentunya pembelian tanah tidak semudah yang dipikirkan. Anda wajib mengikuti prosedur membeli tanah yang benar agar nantinya tidak akan ada masalah mengenai jual beli tanah yang dilakukan. Bicara mengenai prosedur pembeliannya sendiri, disini ada beberapa info penting yang sebaiknya jangan diabaikan oleh penjual maupun pembeli dan untuk lebih jelasnya, berikut ada ulasan singkat yang dapat Anda pahami di paragraf berikut.

Info Penting Prosedur Membeli Tanah

Untuk Anda yang berencana melakukan pembelian tanah, inilah prosedur membeli tanah yang harus dipahami terlebih dahulu. Dalam prosedurnya, ada beberapa info penting yang jangan sampai terlupa agar proses pembelian tanah yang diinginkan dapat berjalan dengan lancar. Untuk info yang pertama adalah data penjual dan juga data pembeli. Dalam hal ini Anda jangan sampai lupa mengenai data keduanya agar dalam pembuatan akta jual beli lebih jelas, mana penjual dan mana pembelinya. Selain data penjual maupun pembeli dokumen tanah yang akan dibeli juga sangat penting. Anda jangan sampai tertipu dengan pembelian tanah tanpa sertifikat atau dokumen tanah lain yang tidak lengkap sebab Anda bisa saja merugi nantinya.

Tidak kalah penting dengan hal diatas Anda juga wajib membuat akta jual beli di kantor PPAT dan diketahui oleh notaris serta saksi-saksi. Dengan begitu Anda memiliki dasar hukum ketika melakukan pembelian tanah. Apabila nantinya ada masalah maka AJB atau Akta jual beli tersebut bisa menjadi bukti bahwa Anda telah membeli tanah yang dimaksud. Sedangkan mengenai hal penting lainnya adalah soal bukti pembayaran yang akan menjadi persyaratan untuk pembalikan nama kepemilikan tanah. Untuk proses pembuatan balik namanya sendiri nantinya Anda datang ke kantor pertanahan setempat. Singkatnya dengan semua prosedur membeli tanah diatas, jelas proses beli tanah makin mudah, bukan?

Related posts: