image_20180413_101738_1

image_20180413_101738_1

Salah satu cara untuk memberikan penghargaan kepada seseorang adalah dengan memberikan plakat. Di zaman modern ini, memberikan sebuah plakat kepada seseorang yang berprestasi memang telah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis di bidang jasa pembuatan plakat pun semakin ramai dan cukup menjanjikan. Jenis plakat sendiri sangat beraneka ragam. Harga plakat pun sangat bervariasi tergantung dengan bahan dan desain plakat itu sendiri. Plakat memang dapat dibuat dengan berbagai jenis bahan. Masing-masing bahan yang digunakan tentu akan sangat mempengaruhi kualitas dari plakat itu sendiri. Lalu, apa saja jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat plakat?

Ini Dia, Aneka Jenis Plakat Berdasarkan Bahan Yang Digunakan

Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat plakat penghargaan. Mulai dari harga plakat yang termurah hingga yang paling mahal. Nah, berikut ini adalah  beberapa jenis plakat yang dibedakan berdasarkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya:

  • Plakat Resin

Plakat ini dibuat dari bahan resin sehingga memiliki tekstur yang berwarna bening. Plakat jenis ini banyak menjadi pilihan konsumen karena menawarkan kesan simpel, modern, dan sangat menawan. Proses pembuatan plakat resin adalah dengan cara dicetak dengan menggunakan cetakan yang memiliki desain tertentu.

  • Plakat Kayu

Tentu saja plakat ini dibuat dari bahan kayu yang berkualitas. Berbeda dengan jenis plakat lainnya yang dibuat dengan cara dicetak, plakat kayu diciptakan dengan cara diukir oleh para pengrajin, sehingga tidak heran jika hasilnya memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

  • Plakat Akrilik

Plakat akrilik merupakan salah satu jenis plakat modern yang populer di kalangan masyarakat. Sama seperti plakat resin, pembuatan plakat akrilik juga melalui proses percetakan. Plakat ini banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah tahan terhadap benturan serta memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap cuaca.

  • Plakat Logam

Ada beberapa jenis logam yang dapat digunakan untuk membuat plakat. Beberapa di antaranya adalah besi, tembaga, kuningan, perak, dan emas.

Nah, itu dia beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat plakat penghargaan. Karena dibuat dari bahan yang berbeda, maka harga plakat tersebut pun berbeda satu sama lain tergantung dengan jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya. Selain itu, harga yang dipatok juga tergantung dengan kerumitan desain dari plakat itu sendiri.

Related posts: