Ini Dia Khasiat Dari Buah Jambu Monyet

By | September 8, 2017

tips kesehatanBuah jambu monyet biasanya menjadi campuran asinan atau rujak buah karena rasanya yang memang asam namun segar. Bijinya adalah bakal dari kacang mede yang rasanya enak namun memiliki khasiat lain yaitu untuk pelembut kulit dan penghilang nyeri atau analgesik. Beberapa orang hanya mengetahui bahwa buah jambu monyet ini adalah salah satu jenis buah yang biasanya di sukai kaum ibu hamil saja. Padahal dari keseluruhan tumbuhan ini memiliki khasiatnya masing-masing yang sama sekali tak bisa di remehkan. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara mengonsumsinya secara terpisah sesuai dengan khasiat yang di miliki masing-masing.

Beberapa Khasiat Dari Tumbuhan Jambu Monyet Untuk Kesehatan

Meskipun khasiat dari tumbuhan jambu monyet ini sangat bermacam-macam, namun kenyataannya kita kesulitan menemukan pohonnya di sekitar kita. Masih sangat sedikit orang yang mau menanam jenis pohon yang satu ini mungkin di karenakan minimnya pengetahuan mengenai khasiat dari berbagai bagian yang di miliki pohon ini secara khusus. Bahkan bagian kulit pohonnya bisa Anda rebus untuk kemudian Anda minum sebagai terapi pengobatan diabetes dari dalam. Untuk daun mudanya bisa Anda gunakan untuk mengobati reumatik, malaria serta sariawan serta ruam pada kulit.

Berikut adalah beberapa bagian dari pohon jambu monyet yang bisa Anda ambil manfaatnya.

  • Kulit kayu jambu monyet

Bagian pertama dari pohon jambu monyet yang memiliki khasiat adalah kulit kayu dari pohon jambu monyet. Memiliki khasiat sebagai pencahar, astringent, dan mampu memacu aktivitas enzim pencernaan.

  • Daun jambu monyet

Daun dari pohon jambu monyet sendiri memiliki khasiat khusus sebagai daun yang bersifat anti radang serta mampu membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah seseorang yang menderita penyakit diabetes. Daun segar jambu monyet juga bisa di giling untuk kemudian di gunakan sebagai obat pada gigitan ular berbisa, sakit gigi dan luka bakar secara efektif.

  • Kulit biji

Sedangkan bagian kulit biji dari buah jambu monyet bisa Anda rebus hingga airnya mengental kemudian bisa di oleskan pada bagian kulit yang terkena luka borok, lepra, psoriasis, eksim kulit dan telapak kaki yang pecah-pecah.

Related posts: