1_37hgaQEw4VWC6qZBnsHStw

Jika Anda berada di perkotaan tentu Anda tidak asing dengan penggunaan paving yang tidak hanya ada di trotoar jalan raya. Ada banyak area jalanan perumahan, halaman rumah, carport dan lahan parkir area gedung sekolah, perkantoran dan bangunan lainnya yang lebih memilih menggunakan paving dibanding aspal. Hal ini disebabkan pemasangannya yang lebih mudah juga harga paving yang lebih murah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan

Tidak hanya mengenai harga, penggunaan paving dianggap lebih ramah lingkungan dibanding dengan aspal. Ditambah banyaknya pilihan bentuk, warna dan corak paving. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan paving block.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memasang paving block, di antaranya:

  • Pastikan tidak ada kendaraan yang membawa beban berat seperti semen, pasir, batu dan lain-lain
  • Perhatikan konstruksi tanah, bila lahannya kecil tanah tidak perlu dipadatkan jika memang tidak perlu. Namun, untuk daerah yang luas Anda perlu melakukan pemadatan tanah dan penaburan abu batu sehingga tanah menjadi kuat.
  • Siapkan terlebih dahulu rancangan pola jika Anda ingin membentuk pola tertentu, sehingga para pekerja mengerti bagaimana mengatur paving block sesuai pola yang diinginkan.

Faktor berpengaruh pada harga

Mengenai harga paving, ada beberapa hal yang mempengaruhi harga paving block. Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga paving block, di antaranya :

  • Faktor bahan baku

Hampir 50% harga ditentukan dari biaya bahan baku yang dipakai, meliputi semen, air dan pasir. Semakin banyak persentase semen dalam pemroduksian paving, semakin bagus pula mutu produksi.

  • Faktor biaya operasional

Selain bahan baku, biaya operasional juga mempengaruhi harga paving. Biaya ini meliputi biaya pembuatan produk.

  • Faktor lokasi produsen

Jika produsen berada jauh dari pasar, maka biaya pengiriman pun akan semakin banyak hal ini mempengaruhi harga jual paving.

Harga paving memang dipengaruhi banyak hal, mengingat produsen pun ingin menuai keuntungan dalam berbisnis paving block. Semakin sedikit biaya produksi, maka harga pun masih bisa ditekan. Selain itu semakin banyak pembeli, biasanya produsen akan memberi diskon untuk pembeliannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Related posts: