Getuk Goreng Sokaraja Makanan Khas Daerah

By | June 23, 2017

makanan khas daerahIndonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, agama, dan suku bangsa. Keanekaragaman budaya Indonesia juga dapat dilihat dari keberagaman makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. setiap daerah di Indonesia selalu memiliki makanan khas dengan cita rasa tersendiri sehingga kita tidak akan bosan untuk mencicipi jutaan masakan khas masyarakat Indonesia tersebut. Banyumas merupakan salah satu daerah yang dikenal dengan berbagai macam makanan khasnya. Makanan khas daerah Banyumas yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah getuk goreng Sokaraja. Getuk goreng Sokaraja memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis getuk lainnya yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Jika biasanya getuk hanya diuleni dari bahan singkong kemudian dicetak menggunakan alat seperti biasa, maka proses pembuatan getuk goreng Sokaraja dilakukan dengan cara yang berbeda sehingga menghasilkan aroma yang menggugah rasa.

Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Daerah Banyumas Yang Wajib Anda Coba!

Getuk goreng Sokaraja menjadi salah satu makanan khas daerah Banyumas yang seringkali dijadikan oleh-oleh saat masyarakat dari daerah lain berkunjung ke Banyumas. Cita rasa yang khas menjadikan makanan yang satu banyak disukai oleh masyarakat lain dari daerah luar Banyumas. Getuk goreng Sokaraja dibuat melalui dua tahapan. Tahap pertama yaitu dengan menyediakan singkong yang berkualitas baik kemudian dikupas dan dikukus hingga matang. Selanjutnya, singkong yang telah dikukus tersebut dilumatkan hingga halus dan diberi campuran gula Jawa. Selanjutnya, campurkan juga adonan tersebut dengan tepung beras dan tepung terigu hingga merata. Tahap selanjutnya yaitu dengan mencetak adonan tersebut menjadi bentuk bulat atau kotak-kotak sesuai dengan selera. Langkah terakhir yaitu dengan menggoreng adonan yang telah dicetak tersebut hingga warnanya menjadi kemerahan dan menimbulkan aroma yang harum.

Dengan paduan singkong dan gula Jawa, maka getuk goreng Sokaraja memiliki cita rasa manis dan gurih yang sangat khas. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, silahkan datang ke pusat makanan khas daerah Banyumas yang bisa Anda temui dengan mudah di daerah Banyumas dan sekitarnya. Setelah merasakan kenikmatan dan gurihnya getuk goreng Sokaraja, maka dijamin Anda akan ketagihan dan ingin kembali menikmatinya.

Related posts: