Indonesia merupakan salah satu Negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Hal tersebut menyebabkan suhu lingkungan di Indonesia sangat tepat untuk penyebaran berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang mudah sekali berkembang di masyarakat Indonesia adalah penyakit kulit. Selain faktor suhu udara, lingkungan dan kebersihan juga merupakan faktor lain yang menyebabkan penyakit kulit.

Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Kulit

Ada berbagai hal yang menyebabkan timbulnya penyakit kulit. Alergi pada makanan, virus, jamur dan bakteri yang menyerang kulit adalah faktor yang paling sering terjadi. Alergi pada makanan dapat dicegah dengan berkonsultasi ke dokter dan menghindari makanan penyebab alergi. Sedangkan faktor adanya virus, jamur dan bakteri erat kaitannya dengan kondisi lingkungan dan kebersihan penderita. Faktor yang mendorong munculnya penyakit kulit akan dijelaskan pada ulasan singkat di bawah.

  1. Suhu

Ketika musim penghujan tiba, suhu udara menjadi lembab dan lebih rendah dari biasanya. Suhu udara yang lembab adalah suhu yang sangat pas untuk pertumbuhan jamur, virus dan bakteri. Pakaian lembab yang digunakan selama beberapa hari adalah tempat yang tepat untuk tumbuhnya jamur yang nantinya akan menempel pada kulit. Hal tersebut akan ditandai dengan timbulnya rasa gatal dan bercak kemerahan yang muncul pada kulit.

  1. Kebersihan

Suhu udara lembab yang didukung oleh kondisi yang kurang bersih merupakan kombinasi sempurna penyebab munculnya penyakit kulit. Kebersihan tempat tinggal yang tak diperhatikan akan menyebabkan banyak virus, jamur dan bakteri yang tumbuh. Pakaian yang kotor juga akan mempermudah penyebaran kuman virus dan jamur yang nantinya akan menyerang kulit kita.

Kedua faktor pendorong tersebut yang menyebabkan penyebaran penyakit kulit sangat cepat di tengah masyarakat. Gaya hidup yang kurang bersih adalah penyebab utama dari timbulnya penyakit kulit. Jika masyarakat senantiasa menjaga kebersihan tempat tinggal dan kebersihan diri, penyakit kulit dapat dihindari. Mengganti seprei kasur, sarung bantal dan handuk secara teratur akan mencegah terjadinya penyakit kulit. Mengganti pakaian yang lembab karena keringat dan mandi dua kali sehari juga akan menghindarkan kulit kita dari penyakit kulit.

Related posts: