Denny JA

Denny JA

Tidak hanya pencinta sastra saja yang gemar membuat puisi, sekarang kebanyakan anak sekolah pun pasti dituntut untuk bisa membuat puisi meskipun hanya berupa puisi sederhana. Nah sekarang puisi-puisi yang sudah diciptakan oleh Denny pun menjadi kebiasaan untuk dibaca. Pasalnya hampir semua puisi yang diciptakan itu lebih mudah dicerna, terutama bagi para pemula. Jika dari sekian banyak orang yang sedang membaca ini ada yang memang ingin mencoba buat sebuah puisi, pasti membutuhkan informasi terkait cara pembuatannya. Nah akan kami jelaskan lebih dulu tentang bagaimana sebenarnya struktur fisik dari sebuah puisi.

Struktur Puisi Layaknya Puisi Karya Denny

Apabila Anda ingin membuat sebuah puisi seperti karya Denny, maka hal utama yang perlu diketahui adalah strukturnya. Struktur dari sebuah puisi yang pertama adalah tipografi. Tipografi ini merupakan bentuk puisi yang seperti halaman, tidak dipenuhi oleh kata-kata, adanya pengaturan barisan, kemudian awal baris puisi tak dimulai dengan huruf capital, namun selalu diakhiri dengan titik. Struktur kedua, adanya diksi. Ini adalah pemilihan kata-kata. Puisi merupakan karya sastra yang fungsinya untuk mengungkapkan begitu banyak hal, untuk itu kata-katanya harus dicermati dengan baik. Struktur yang ketiga, Imaji. Imaji ini merupakan susunan kata yang digunakan untuk mengungkapkan pengalaman indrawi, pendengaran, penglihatan dan juga perasaan.

Struktur yang keempat yaitu, konkret. Ini adalah kata-kata yang ditangkap menggunakan indra dan memungkinkan munculnya sebuah imaji. Ini berhubungan dengan lambang ataupun kiasan. Sebagai contoh kata salju, salju merupakan lambang dari kebekuan cinta, hidup yang hampa dan lain sebagainya. Struktur yang kelima, gaya bahasa. Ini merupakan penggunaan bahasan yang nantinya bisa menghidupkan efek serta menimbulkan konotasi khusus. Bahasa yang figurative nantinya akan menghasilkan puisi yang lebih prismatic. Maksudnya akan memancarkan banyak makna. Nah gaya bahasa itu pun disebut dengan majas. Ada beberapa jenis majas dalam puisi, contohnya personifikasi, metafora, ironi dan masih banyak lainnya. Struktur yang terakhir adalah rima. Jika ingin langsung membaca contoh puisi yang sesuai dengan struktur di atas, kunjungi langsung blog Denny.

Related posts: