Definisi Menurut Para Ahli Mengenai Candi

By | January 3, 2017

Definisi Menurut Para AhliIndonesia terkenal dengan peradaban masa lalu yang menakjubkan. Terbukti dari begitu banyak bangunan bersejarah seperti candi yang memiliki arsitektur dan struktur yang megah. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan candi? Berikut adalah ulasan definisi menurut para ahli mengenai candi.

Mengenal Candi Dan Definisi Menurut Para Ahli

Mungkin banyak dari kita menganggap bahwa candi adalah sebuah bangunan kuno yang terbuat dari batu dan memiliki arsitektur serta relief yang indah. Pendapat tersebut tidaklah salah. Kita tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki Candi Borobudur yang megah dengan arsitektur serta relief naratif dan dekoratifnya yang indah. Definisi menurut para ahli candi pun bermacam-macam. Misalnya Dr. Stutterheim. Menurutnya, candi berasal dari bahasa Sansekerta ‘candika’ yang berarti Dewi Durga atau Dewi Maut dalam mitologi Jawa kuno. Biasanya candi yang diperuntukkan kepada dewi ini menghadap ke arah selatan, karena dipercaya, Dewi Durga berada di bagian utara. Sementara itu, ahli lain seperti Soekmono mengemukakan bahwa candi merupakan tempat pemujaan dewa atau pendarmaan raja. Hal ini sesuai dengan pendapat Dr. Soetjipto Wirdjosoeparto yang mengemukakan bahwa candi merupakan kata jamak dari kata ‘ndi’ atau ‘pundi’ yang berarti penghormatan atau pemujaan, baik dewa atau raja. Pemujaan dewa, artinya candi tersebut ditujukan untuk tempat penyembahan dewa, misalnya Candi Siwa di kompleks Candi Prambanan yang dibangun untuk memuja Dewa Siwa sebagai pemelihara alam semesta. Sedangkan candi yang digunakan untuk pendarmaan raja salah satu contohnya adalah Candi Singosari (Singasari) yang dibangun untuk menghormati raja Singosari yang terakhir yakni Sri Ratu Kartanegara.

Selain sebagai pemujaan, ada pula candi Petirtaan seperti Candi Belahan yang digunakan Airlangga bertapa dan sebagai tempat pemandian. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa candi merupakan sebuah bangunan peninggalan kerajaan Hindu-Budha yang digunakan sebagai tempat pemujaan dewa atau penghormatan untuk raja yang telah wafat serta pertapaan dan pemandian. Nah itulah beberapa definisi menurut para ahli mengenai candi, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Related posts: