Bagi yang sedang mencari referensi contoh memo atau pembuatannya yang secara resmi bisa simak informasi berikut. Memo terdiri dari 2 jenis yaitu memo resmi dan tidak resmi. Memo adalah tulisan secara ringkas yang ditujukan kepada orang lain secara resmi. Nah, pembuatan memo resmi itu tidak boleh sembarangan karena ada pertanggung jawaban dari isi memo yang telah dibuat.

Tips Membuat Memo Secara Resmi

Inti dari memo adalah menuliskan tulisan secara  singkat sesuai dengan maksud si pengirim. Sehingga pembuatan memo ini tidak perlu ada bagian-bagian surat seperti salam pembuka, penutup dan sebagainya. Nah, kemudian biasanya pembuatan memo ini sebenarnya dipergunakan untuk komunikasi seperti permintaan, arahan, keterangan hal-hal tertentu dan sebagainya.

Nah, untuk membuat  contoh memo secara resmi harus tahu struktur atau bagian-bagian memo yang terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  1. Kepala memo

Untuk kepala memo isinya adalah terdiri dari kop memo ( untuk memo resmi dengan isi nama instansi, alamat, dan nomor telepon), nama pengirim memo dan juga nama penerima memo. Setelah bagian kop memo isinya adalah dari dan juga untuk sesuai dengan nama pengirim dan penerima memo secara jelas.

  1. Badan memo

Struktur yang kedua dari pembuatan memo adalah badan memo yang merupakan isi inti dari memo itu sendiri. Yang mana isinya adalah tulisan singkat dengan menjelaskan maksud atau memberikan arahan, perintah dan keterangan-keterangan mengenai suatu hal. Pembuatan isi memo ini harus ditulis dengan kalimat yang pendek, jelas dan lugas. Jika dalam pembuatan memo resmi harus menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar supaya bisa lebih mudah dipahami.

  1. Kaki memo

Struktur yang terakhir adalah kaki memo yang terdiri dari tanda tangan dan juga nama terang si pembuat memo. Karena memo resmi ini sifatnya penting sehingga harus ada nama pembuat dan tanda tangan secara jelas sebagai pertanggungjawabannya.

Nah, itulah penjelasan contoh memo secara resmi yang bisa dibuat dengan baik sehingga dapat dipakai sesuai dengan fungsinya.

Related posts: