ISO 9001 adalah sebuah standar internasional yang bergerak di bidang sistem manajemen mutu. Tiap perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi ini maka barang atau jasa yang dihasilkan sudah terjamin mutunya. Namun, bagi perusahaan yang belum mendapatkan sertifikasi, maka Anda membutuhkan konsultan ISO 9001 untuk membantu dalam memberikan pengarahan terhadap perusahaan yang dimiliki dan menjamin perusahaan agar lolos standarisasi. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan seorang konsultan pun cukup mudah.

Beberapa cara untuk mendapatkan konsultan ISO 9001

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jasa konsultan. Apalagi di jaman yang sudah modern ini Anda bisa browsing di internet dan sudah bisa melihat beberapa daftar konsultan yang sering memberikan pengarahan. Anda hanya perlu memilih jasa tersebut yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memilih konsultan standarisasi mutu.

  • Carilah konsultan yang sesuai

Setiap konsultan memiliki fokus yang berbeda-beda dalam sistem standarisasi. Tentu saja, karena jenis ISO pun berbeda-beda. Jadi, Anda perlu memilih konsultan ISO 9001 yang sesuai dengan perusahaan Anda. Jika Anda belum menemukan jasa yang cocok, maka browsinglah di internet, maka Anda akan lihat ada banyak konsultan yang tersedia. Anda hanya perlu memilih yang sesuai. Jangan lupa untuk melihat respons dari pelanggan yang telah menggunakan jasa konsultan tersebut. Pilihlah konsultan yang dapat memberikan jaminan pada perusahaan untuk lolos sertifikasi ISO.

  • Hubungi konsultan dan lakukan konfirmasi

Jika Anda sudah menemukan konsultan yang sesuai, maka segera hubungi kontak yang ada dalam website tersebut. Setelah itu, lakukan konfirmasi jika Anda ingin memilihnya sebagai konsultan di perusahaan Anda. Tanyakanlah mengenai prosedur yang akan berjalan, dan sampaikan hal-hal mengenai perusahaan Anda.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memilih konsultan ISO 9001 yang berkualitas. Konfirmasi sebaiknya dilakukan secepatnya agar konsultan tersebut tidak diambil oleh perusahaan lain terlebih dahulu. Selain itu juga, Anda perlu mengetahui mekanisme dari sistem yang akan dilakukan oleh konsultan tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya miss antara kedua pihak.

Related posts: