Cara Mendapatkan Benih Cabe Terbaik Untuk Budidaya Cabe

By | September 27, 2017

budidaya cabeBudidaya cabe yang di lakukan oleh masyarakat pada jenis budidaya skala rumahan biasanya di lakukan dengan tujuan untuk menyalurkan hobi atau sekedar memuaskan rasa ingin tahu mengenai seperti apa pengalaman untuk melakukan budidaya tanaman cabe yang di miliki. Tak banyak yang mengetahui tentang bagaimana cara untuk mendapatkan benih tanaman cabe yang bisa di gunakan untuk melakukan budidaya tanaman cabe dengan kualitas yang terbaik. Dan kali ini dalam artikel kami akan membahas mengenai beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan benih tanaman cabe dengan kualitas yang terbaik agar supaya hasilnya pun juga yang terbaik.

Beberapa Metode Yang Bisa Digunakan Untuk Mendapatkan Benih Cabe Untuk Budidaya Cabe Berkualitas

Sebenarnya ada cara yang jauh lebih mudah jika Anda ingin mendapatkan benih tanaman cabe untuk melakukan budidaya cabe dengan kualitas yang terbaik yaitu dengan membeli di toko pertanian yang sudah jelas menjual berbagai jenis benih tanaman cabe yang di butuhkan masyarakat. Namun dengan cara ini maka pengalaman kita untuk melakukan budidaya tanaman cabe jelas akan kurang sekali, maka yang paling baik adalah dengan mengusahakan sendiri adanya benih tanaman cabe yang akan di budidayakan.

Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan benih tanaman cabe dengan kualitas terbaik untuk Anda budidayakan.

  • Pilih cabe

Untuk jenis cabe yang akan Anda jadikan benih sebaiknya Anda tidak memilih jenis cabe yang di sertakan penjual gorengan yang Anda beli namun pilihlah jenis cabe dari penjual sayur yang biasanya memiliki warna merah segar menandakan cabe tersebut sudah matang benar.

  • Ambil biji

Tanaman cabe bisa Anda budidayakan dari biji yang di ambil dari buah cabe yang sudah Anda pilih sebelumnya. Namun ada trik khusus untuk bisa mendapatkan jenis biji terbaik yaitu dengan memotong buah cabe pilihan Anda menjadi 3 potongan kemudian pilih potongan yang di tengah untuk di ambil bijinya.

  • Rendam biji

Dan cara yang terakhir untuk menyeleksi apakah biji yang Anda dapatkan kualitas terbaik atau bukan adalah dengan menghaluskan bawang merah kemudian masukkan ke dalam baskom berisi air. Setelah air tercampur dengan bawang merah yang telah di lembutkan rendam biji cabe yang telah Anda pilih sebelumnya selama 1 malam. Keesokan harinya Anda tinggal mengambil jenis biji cabe yang tenggelam dan buang yang mengapung. Keringkan dengan cara menjemur secara tidak langsung di bawah sinar matahari dan setelah kering maka Anda siap untuk melakukan budidaya cabe.

Related posts: