image_20180413_122146_1

Kesehatan tentunya sangat dinginkan oleh setiap orang. Jika kita sakit maka tentunya kita harus pergi ke rumah sakit atau puskesmas. Dokter mempunyai penanganan tertentu untuk jenis penyakit tertentu. Ketika kita sakit, dokter sering kali memberi resep pengobatan dengan obat antibiotik. Dokter atau apoteker juga sering menyarankan untuk sebisa mungkin mengonsumsi obat anti biotik sampai habis. Tetapi, apakah kita mengetahui bagaimana obat anti biotik ini bekerja pada tubuh kita? Lalu bagaimana obat anti biotik tersebut bisa memulihkan kondisi dari tubuh kita sampai kondisi tubuh kembali sehat?

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Obat Antibiotik?

Antibiotik merupakan obat-obatan yang sangat kuat untuk melawan perkembangan dan pertumbuhan dari bakteri. Obat anti biotik ini juga diketahui sebagai suatu antibakteri. Antibakteri disini maksudnya adalah jenis dari obat yang fungsinya bisa menghancurkan, melawan, dan juga memperlambat proses pertumbuhan dari bakteri. Antibiotik itu sendiri terdiri atas kata yang berbahasa Yunani, anti berarti melawan dan bios berarti kehidupan. Dalam konteks ini bakteri merupakan makhluk hidup atau hidup/ kehidupan. Maka dari itu obat antibiotik ini sering kali penggunaannya sering untuk penyakit yang berupa infeksi oleh bakteri.

Makhluk hidup bakteri ini merupakan jenis makhluk hidup yang ukurannya hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop atau mikroskopik yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Beberapa dari jenis bakteri memang tak menimbulkan efek atau dampak yang buruk terhadap kesehatan. Tetapi memang banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan suatu infeksi kepada tubuh kita.

Pada faktanya, sebelum bakteri melakukan perkembangan biakan dan juga menghasilkan berbagai macam gejala dan juga tanda, sistem dari kekebalan tubuh manusia sudah mulai bekerja untuk segera menghentikan dan menghancurkan bakteri tersebut. Sistem dari kekebalan tubuh mempunyai sel darah putih atau leukosit yang fungsinya bertanggung jawab terhadap melakukan penyerangan. Tapi saat tubuh kita tak bisa menangani tumbuhnya bakteri, bakteri tersebut akan terus menerus menekan kekebalan tubuh. Akhirnya bakteri tersebut bisa menginfeksi tubuh manusia. Maka saat kondisi seperti itulah penggunaan obat antibiotik diperlukan.

Related posts: