Cara Budidaya Sawi Hidroponik Berhasil Sukses

By | May 7, 2017

Cara BudidayaCara budidaya tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik semakin di minati masyarakat dengan alasan bisa di lakukan dengan mudah dan tanpa adanya lahan yang luas. Semakin banyak lahan tanah yang beralih fungsi menjadi sebuah bangunan membuat masyarakat pun mengalami keterbatasan lahan untuk bisa menanam tanaman mereka sendiri. Meski kini telah ada berbagai jenis cara menanam dari mulai sistem tabulampot hingga hidroponik, namun hanya sistem hidroponiklah yang menjadi daya tarik khususnya bagi mereka yang ingin melakukan cara untuk budidaya dengan mudah dan cepat.

Beberapa Cara Budidaya Sawi Hidroponik Yang Berhasil Dan Sukses

Bagi masyarakat Indonesia, sayuran sawi terdiri dari dua macam yaitu sawi hijau atau yang biasa di sebut sawi bakso karena memang menjadi salah satu campuran bakso dan sawi putih. Sayuran sawi di ketahui memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti untuk menyehatkan tulang, mencegah penyakit kanker, mencegah sembelit karena kandungan serat yang sangat tinggi dan kandungan air yang sangat melimpah. Sistem menanam hidroponik di lakukan dengan cara menanam tanpa menggunakan tanah namun menggunakan air bisa di lakukan sebagai salah satu cara budidaya sayuran sawi.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menanam sayuran sawi hidroponik.

  • Alat dan bahan

Untuk menanam sayuran sawi hidroponik ini Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang di perlukan seperti alat untuk berkebun, pot atau ember bekas untuk lahan tanam, media tanam atau rockwoll, benih sayuran serta pupuk tanaman.

  • Semai benih

Sebelum Anda melakukan penanaman Anda harus melakukan penyemaian terlebih dahulu agar supaya Anda bisa mendapatkan jenis benih yang terbaik dan berkualitas tinggi sehingga mendukung pertumbuhan tanaman sayur Anda dengan baik dan maksimal.

  • Masa panen

Setelah Anda melakukan penanaman dengan cara hidroponik maka selanjutnya Anda bisa melakukan perawatan secara rutin dan seksama. Segera atasi jika terjadi adanya serangan hama tanaman sehingga nantinya tidak merusak kualitas tanaman sayuran yang sedang Anda tanam. Anda bisa melakukan masa panen setelah kurang lebih 3 bulan dari jarak masa tanam sayuran sawi hidroponik Anda. Itulah beberapa cara untuk menanam sayuran sawi hidroponik dalam cara budidaya.

Related posts: