bisnis

Bekerja merupakan pilihan masing-masing orang. Tidak semua orang itu mampu dan mau untuk bekerja. Misalnya menjadi karyawan kantoran atau menjadi pegawai negeri yang memiliki atasan, dan mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada atasannya. Tak semua orang bisa dan memiliki mental semacam itu. Sebagian orang lebih memilih untuk membuka usaha sendiri. Sepertinya jalan inilah yang sedang banyak digandrungi oleh orang-orang. Banyak yang lebih memilih untuk memulai bisnis daripada harus bekerja kantoran.

Alasannya simple, mereka lebih suka bekerja untuk diri mereka sendiri dan lebih bebas, daripada harus menerima perintah dan menjadi bawahan. Itu semua tergantung pada pandangan dan juga idealisme masing-masing. Akan tetapi Anda harus tahu, bahwa apa pun pilihannya, semua memiliki resiko masing-masing.

Memulai Bisnis Kopi Dan Mendalaminya

Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dijalankan, kira-kira seperti itulah kata pebisnis ternama Indonesia, Bob Sadino. Memang benar, kita jangan terlalu banyak berangan-angan, dan kita juga tak perlu terlalu takut untuk mengambil resiko. Alih-alih berpikir untuk menghindari kerugian, bisa-bisa usaha kita justru tak akan pernah berjalan. Peluang usaha memang harus dicari, dan yang paling penting adalah berani dan juga pantang menyerah.

Misalnya ketika Anda melihat peluang bisnis dari biji kopi, maka cobalah untuk memulainya terlebih dulu. Anda perlu mencari daerah-daerah penghasil kopi terbaik di wilayah Indonesia, khususnya di daerah yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Alasannya adalah agar Anda lebih mudah untuk mendapatkan bahan utama kopinya. Jika sudah begitu, maka akan lebih mudah untuk memproduksinya.

Kemudian Anda perlu mempelajari tentang kopi, mengetahui jenis-jenisnya, dan juga belajar bagaimana cara mengolahnya agar menjadi kopi berkualitas tinggi dengan cita rasa yang unik. Sudah bukan rahasia lagi jika para pencinta kopi memiliki standar akan cita rasa kopi, maka Anda juga perlu melakukan survey agar Anda tahu selera pasar. Sesekali ciptakan menu kopi baru yang membuat pelanggan tertarik. Tapi, pastikan Anda tetap menjaga cita rasa asli dari kopi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menjadi pengusaha kopi yang sukses.

Related posts: