95b99e1aabc0e6ca31d4e5b2a6c0e649

Banyak manfaat air putih yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan teratur dan benar. Sebab jika berlebihan Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya justru penyakit berbahaya yang akan menyerang. Namun demikian jika Anda kekurangan air putih juga sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya. Karena itulah jangan sampai Anda kekurangan air putih yang gejala awalnya hanya gangguan proses kerja tubuh.

Akibat Tubuh Kekurangan Cairan Karena Kurangnya Minum Air Putih

  • Dehidrasi Pada Kulit

Manfaat air putih yang pertama adalah kulit menjadi kering atau dehidrasi. Meski dapat diatasi dengan menggunakan krim pelembab kulit namun alangkah baiknya jika dirawat dari dalam secara alami. Kulit akan tidak menjadi elastis ketika kekurangan air putih.

  • Sembelit

Rasa tidak nyaman satu ini juga diakibatkan karena Anda kekurangan air dalam tubuh. Sebab air dapat membantu usus mengeluarkan kotoran dalam usus. Sehingga jika Anda kekurangan air putih membuat proses pencernaan Anda menjadi terhambat.

  • Kelelahan

Manusia dapat menahan lapar namun akan sulit untuk menahan haus. Dan jika hal ini tidak ditanggulangi dengan mengonsumsi air putih maka tubuh akan menjadi cepat lelah. Sehingga jika Anda kurang mengonsumsi air maka akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

  • Mudah Kram

Anda yang gemar berolahraga atau aktivitas Anda mengandalkan otot, maka akan sangat mudah menjadi kram jika Anda kekurangan cairan tubuh. Sebab asupan elektrolit dan mineral yang penting bagi otot Anda menjadi tidak seimbang.

  • Mulut Kering

Kekurangan cairan akan mengganggu kinerja pada mulut Anda. Sebab mulut menjadi sulit mencicipi makanan, sulit untuk mengunyah bahkan bibir menjadi kering dan timbul sariawan. Selain itu lidah menjadi kasar dan air liur menjadi sedikit kental.

  • Migrain

Meski banyak yang mengatakan jika munculnya migrain karena lapar namun juga karena kekurangan cairan tubuh. Sebab pembuluh darah akan membesar yang mengakibatkan sakit kepala yang sangat, hal ini juga diperkuat dengan cuaca yang panas maka akan semakin memperparah sakitnya. Dengan mengonsumsi air putih secara benar maka akan terhindar dari migrain karena manfaat air putih tersebut.

Related posts: