Bagaimana Memilih Sepatu PDL Yang Asli?

By | December 6, 2016

sepatu pdlSepatu merupakan kebutuhan yang penting bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang bekerja atau berdinas di luar atau mereka yang memiliki pekerjaan langsung di lapangan. Salah satu sepatu yang sering digunakan adalah sepatu PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Sepatu ini berbentuk seperti sepatu boots. Perbedaannya terletak pada bahannya yang terbuat dari kulit tebal dan biasanya dilengkapi dengan ritsleting dan tali sepatu. Memilih sepatu ini hendaknya dilakukan dengan cermat, karena saat ini sudah banyak sepatu tiruan atau yang biasa disebut sepatu KW. Bagaimana membedakan sepatu jenis PDL yang asli dan yang KW? Berikut penjelasannya.

Cara Membedakan Sepatu PDL Yang Asli Dan KW

Langkah pertama membedakan sepatu tersebut asli atau tidak adalah dari upper leather atau kulit atas sepatu. Umumnya, sepatu jenis PDL memiliki kulit sisi depan yang keras, namun sepatu tiruan biasanya lebih lembek. Selain itu, cat finishing yang digunakan sepatu asli tidak mengkilap seperti sepatu tiruan. Langkah selanjutnya dapat Anda lihat dari ring tali sepatu. Sepatu PDL yang asli merupakan sepatu dengan standar TNI. Ring tali sepatu asli menggunakan kuningan, sedangkan ring tali sepatu KW biasanya hanya menggunakan besi. Sayangnya, ring sepatu kuningan mudah berkarat dalam beberapa minggu saja, bandingkan ring tali sepatu dari besi yang berkarat dalam waktu berbulan-bulan. Jika terkena air terus menerus, ring sepatu tiruan juga mudah lepas atau jebol.

Untuk mengecek apakah ring sepatu tersebut dari besi atau tidak, Anda dapat menggunakan magnet. Caranya cukup mudah. Anda cukup menempelkan magnet ke bagian ring, jika menempel, maka sepatu tersebut merupakan sepatu tiruan atau sepatu KW. Langkah terakhir adalah melalui kulit lidah sepatu. Sepatu asli memakai lidah sepatu yang terbuat dari kulit domba, sedangkan sepatu KW menggunakan kulit sintetis. Kulit domba bertekstur halus dan lentur dan membuat Sepatu PDL lebih awet, maka tidak heran jika harga sepatu dengan kulit domba lebih tinggi dibandingkan harga sepatu dengan jenis kulit lain.

Related posts: