Ayo Cegah Diabetes Melitus

By | December 3, 2016

tips kesehatanKalian tentu mengenal salah satu penyakit ini kan? Ya, diabetes melitus adalah penyakit dimana kadar glukosa dalam darah mengalami kenaikan yang disebabkan karena adanya gangguan pada kerja atau sekresi insulin. Penyakit ini, sudah marak sekali terjadi di kalangan muda sekarang ini. Dan sering kali, masyarakat sangat awam sekali mengetahui adanya penyakit ini. Bahkan sama sekali tidak tahu, jika dirinya sedang mengidap penyakit diabetes melitus.

Sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa saja kalian rasakan, diabetes melitus ini memberi gejala yang cukup sederhana sehingga kita tidak menyadarinya. Berikut adalah gejala – gejala diabetes melitus:

  1. Anda akan sering merasa cepat lelah.
  2. Sering merasa tidak memiliki tenaga (tidak bertenaga) dan cepat sekali mengantuk.
  3. Saat cuaca seperti apa pun, Anda sering merasakan haus dan lapar.
  4. Bagian tubuh Anda akan sering merasa kram terutama pada jari kaki dan jari tangan.
  5. Berat badan Anda akan turun secara drastis.

Sudah cukup Anda mengenali dan mengetahui gejala umum yang dialami diabetes melitus, perlu sekali saatnya Anda mencegah penyakit diabetes melitus ini. Karena penyakit diabetes melitus ini masih bisa dicegah selagi kita menyadari gejala – gejala yang memang sudah kita rasakan. Berikut adalah cara mencegah penyakit diabetes melitus:

  1. Olahraga yang teratur

Olahraga memang hal yang sangat sederhana dan bisa Anda lakukan setiap hari, olahraga sendiri merupakan obat paling sederhana tanpa kita mengeluarkan uang. Lakukan olahraga setiap hari ya.

  1. kurangi asupan makanan dan minuman yang manis

Penyakit ini akibat dari kadar glukosa yang sangat tinggi, maka kita pun harus mengurangi makanan dan minuman yang manis agar tidak membuat penumpukan glukosa.

  1. Banyak minum air putih

Air putih merupakan air yang digunakan sebagai penetral di dalam tubuh kita, terlebih air banyak sekali mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Dengan air putih ini, kita bisa mengurangi kadar glukosa yang ada meskipun minim.

Setelah mengetahui gejala yang ada, yuk mulai cegah dan minimalisir penyakit diabetes melitus sekarang juga, sebelum penyakit itu menguasai tubuhmu. Masih bisa dicegah loh, daripada kita mengeluarkan biaya untuk mengobati.

Related posts: