Atasi Radikal Bebas Penyebab Penuaan Dini

By | August 24, 2017

tips kecantikanPenuaan dini merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi wanita yang sudah memasuki usia 30 tahun. Penuaan dini adalah salah satu keadaan dimana wajah serta kulit Anda tampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis kerutan pada area sekitar mata. Penuaan dini tentulah akan membuat banyak wanita merasa kurang percaya diri. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini seperti paparan sinar matahari, polusi udara, radikal bebas dan lain sebagainya. Radikal bebas merupakan faktor yang menyumbangkan banyak efek dalam terjadinya penuaan dini. Radikal bebas merupakan suatu senyawa oksigen yang kehilangan satu buah elektronnya sehingga membuatnya menjadi tidak stabil. Radikal bebas pada umumnya dihasilkan oleh proses metabolisme di dalam tubuh. Akan tetapi, antioksidan yang dihasilkan dari hasil samping metabolisme tubuh kadarnya sangat kecil sehingga tubuh masih mampu untuk menghilangkan radikal tersebut. Sumbangan radikal bebas lainnya adalah seperti asap rokok, asap kendaraan, polusi udara oleh pabrik, makanan yang dikonsumsi dan lain sebagainya.

Atasi Radikal Bebas Penyebab Penuaan Dini Dengan Bahan Alami

Radikal bebas dapat diatasi dengan menggunakan antioksidan. Antioksidan adalah sebuah zat yang mampu menangkal terjadinya reaksi oksidasi oleh radikal bebas. Senyawa yang satu ini akan berperan sebagai korban yang dioksidasi oleh radikal bebas sehingga radikal bebas tersebut tidak dapat menyerang senyawa penting di dalam tubuh. Ada begitu banyak antioksidan yang dapat Anda peroleh secara alami, salah satunya adalah berasal dari buah-buahan serta tanaman lainnya. Manggis adalah salah satu bahan alam yang sudah sangat dikenal dalam mengatasi masalah penuaan dini. Bagian yang digunakan sebagai zat antioksidan adalah kulit manggis. Kulit manggis banyak mengandung zat antioksidan.

Selain manggis, jeruk juga dikenal sebagai salah satu bahan alam yang mengandung antioksidan. Antioksidan yang terdapat dalam jeruk adalah vitamin C. Vitamin C sudah sangat dikenal dengan kemampuannya dalam menangkal radikal bebas. Teh juga salah satu bahan alam yang mengandung antioksidan. Antioksidan dalam teh disebut dengan polyphenol. Buah-buahan yang mengandung vitamin E juga dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat mengatasi radikal bebas.

Related posts: