Asam Padeh Sebagai Resep Masakan Indonesia

By | October 28, 2016

resep masakanPadang yang memiliki berbagai aneka makanan yang penuh dengan rempah dan sangat menggugah selera kita semua antara lain rendang, asam padeh, soto padang dan lain sebagainya. Saat ini kita akan mencoba resep ikan asam padeh yang sesuai dengan namanya akan berasa asam dan pedas yang merupakan ciri khas masakan padang. Resep masakan Indonesia satu ini memang banyak ragam bahannya. Ada yang berbahan dari ikan tongkol, daging sapi, ikan tuna, ikan patin dan sebagainya.

Memasak Asam Padeh Ikan Patin Sebagai Resep Masakan Indonesia

Memasak ikan patin dengan bumbu asam padeh cukup mudah. Tentunya semua bahan ada di Indonesia dan banyak dipasar. Dan bahan-bahannya adalah sebagai berikut 3 ekor ikan patin berukuran sedang potong-potong, 1 sdt garam, 1 sendok perasaan jeruk nipis, 2cm lengkuas yang dimemarkan, 1lembar kunyit, 2cm jahe dimemarkan, 2 buah asam kandis, 4 lembar daun jeruk dan ½ liter air. Kemudian bumbu yang dihaluskan antara lain 1 ons cabai merah, 5 siung bawang putih dan 12 butir bawang merah. Itu semua merupakan bahan dari salah satu resep masakan Indonesia yaitu asam padeh ikan patin.

Langkah awal dalam memasaknya adalah dengan membersihkan ikannya terlebih dahulu. Setelah itu lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Lalu panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga beraroma harum lalu masukkan daun kunyit, lengkuas , jahe, serai dan daun jeruk. Tak lupa asam kandis dan air. Masak hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan ikan patin dan masak hingga kuah mengental dan ikannya matang. Sebagai tambahan pada resep masakan Indonesia ini tambahkan juga irisan tomat sayur. Asam padeh ikan patin pun siap dihidangkan sebagai teman santap siang bersama keluarga Anda. Kiranya itulah resep asam padeh ikan patin yang akan menggugah selera kita semua dan dijamin akan ketagihan. Cara membuatnya dan bahannya juga mudah didapat. Jadi selamat mencoba ya bunda-bunda cantik.

Related posts: