Sebuah perkebunan kelapa sawit biasanya memiliki luas puluhan hingga ribuan hektar. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih dari satu orang mandor atau pemimpin proyek yang bertugas mengawasi kinerja para buruh di kebun tersebut. Arif Rachmat sawit yang merupakan seorang pengusaha sukses di bidang kelapa sawit memiliki beberapa mandor yang bertugas mengawasi kebun kelapa sawit miliknya. Lalu apa saja sebetulnya tugas dari seorang mandor?

Mengawasi Wilayah Perkebunan

Luas perkebunan sawit yang bisa mencapai 50 hingga 100 hektar ini memang membutuhkan pengawasan yang cukup ketat. Baik dalam hal kebersihan, perawatan, hingga saat panen tiba. Seorang mandor memiliki tugas untuk mengawasi wilayah perkebunan kelapa sawit sehingga segala proses produksi dapat berjalan dengan baik. Mandor yang memiliki tugas tidak hanya mengawasi namun juga memberikan arahan kepada para buruh.

Membantu Para Buruh

Dalam mengelola lahan perkebunan kelapa sawit yang memiliki luas puluhan hektar tentunya buruh-buruh di perkebunan tersebut membutuhkan seorang pemimpin yang dapat memberikan arahan tentang apa yang harus mereka lakukan. Demikian pula yang dilakukan oleh Arif Rachmat sawit selaku pengusaha kelapa sawit yang memperkerjakan para mandor berpengalaman sehingga mereka dapat memberikan arahan serta bantuan kepada para buruh dalam melaksanakan tugasnya merawat kebun kelapa sawit tersebut.

Membantu Asisten Lapangan

Dalam pengelolaan kebun kelapa sawit tentunya tidak hanya sekedar merawat pohon-pohon kelapa sawit tersebut, tetapi juga ada bagian pembukuan yang bertugas membuat laporan keuangan ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan kebun. Salah satunya adalah laporan mengenai pemupukan. Karena seorang mandor selalu terjun langsung ke lapangan, maka dia mengetahui berapa kali proses pemupukan dilakukan. Oleh karena itu, dia juga bertugas membantu asisten lapangan dalam membuat laporan data pemupukan.

Membuat Laporan Harian

Seorang mandor tentunya harus mengetahui setiap kegiatan yang berkaitan dengan kebun kelapa sawit. Oleh karena itu, para mandor yang menjadi anak buah dari Arif Rachmat sawit memiliki tugas untuk membuat laporan harian tentang segala hal yang berhubungan dengan kebun kelapa sawit milikinya. Dari proses produksi hingga panen.

Related posts: