Apa Saja Teknik Membuat Seragam Batik?

By | December 3, 2017

seragam batikKini sudah banyak model fashion yang menarik  perhatian masyarakat, sehingga banyak dari mereka yang beralih menggunakan fashion yang berbau western. Dengan demikian, batik yang merupakan ciri khas Indonesia harus tetap dilestarikan, apalagi eksistensi batik kini sudah mulai melonjak naik dengan berbagai model yang tentunya tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Kearifan lokal Indonesia bisa tergambarkan melalui kain batik ini sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia yang berbudaya, harus menjaga dan bangga untuk memakai kain batik ini. Cara untuk melestarikan ciri khas Indonesia yang satu ini adalah dengan membuat seragam batik yang wajib dikenakan oleh para siswa dan guru atau pegawai negeri lainnya di hari-hari tertentu.

Inilah Teknik Membuat Seragam Batik!

Kain batik ini bisa dibuat dengan berbagai cara, ada yang merupakan batik tulis, batik printing, cap, kombinasi, dan lain sebagainya. Untuk membuat seragam batik Anda bisa memilih dengan cara mana pun sesuai dengan yang Anda kehendaki. Namun sebelumnya Anda harus bisa membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Pertama batik tulis, merupakan motif batik yang membuatnya dengan cara manual, yakni ditulis atau digambar menggunakan canting dan lilin serta pewarna. Pada batik tulis, antara ornamen yang satu dengan ornamen yang lainnya itu memiliki bentuk yang berbeda, meskipun pada dasarnya memiliki bentuk yang serupa. Bentuk isen-isen relatif rapi, rapat, dan tidak kaku. Kedua adalah batik cap, yang cara pembuatannya hanya tinggal menempelkan cap atau stempel yang sudah berpola batik di atas kain. Stempel tersebut dicelupkan ke lilin panas, lalu ditekan dan dicapkan di atas kain. Proses ini jauh lebih cepat daripada proses pembuatan batik tulis, karena batik tulis perlu menggambar bagian demi bagian. Ornamen satu dengan yang lainnya agak sama, tetapi isen-isen tidaklah rapat. Ketiga adalah batik printing, yang mana pola telah di print di atas sablon sehingga pembatikan dan pewarnaan bisa dilakukan secara langsung.

Anda bisa memilih membuat seragam batik dengan menggunakan teknik mana pun. Namun semakin rumit pembuatannya, maka semakin tinggi pula harga jualnya. Selain itu, setiap teknik pembuatan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga Anda dapat mempertimbangkah hal tersebut sebelum menentukan pilihan.

Related posts: