Aneka Perawatan Kelinci Anggora

By | September 2, 2017

kelinci anggoraMemelihara binatang merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memiliki hobi memelihara binatang. salah satu jenis binatang yang banyak dipelihara di rumah adalah kelinci. Ya, kelinci merupakan binatang yang sangat manis dan cocok dijadikan hewan peliharaan. Kemunculan dan kepopuleran kelinci anggora pun semakin menarik hati masyarakat. Kelinci jenis anggora memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga selalu membuat orang merasa jatuh cinta. Jenis kelinci dari keluarga anggora juga sangat banyak sehingga masyarakat bisa memilih salah satu jenis yang sesuai dengan selera. Setelah memiliki kelinci jenis anggora, Anda tentu harus pandai dalam hal perawatan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar kelinci jenis anggora memiliki bulu yang tebal sehingga harus dirawat dengan baik agar tetap bersih, halus, dan sehat. Lalu, bagaimana cara merawat kelinci jenis anggora dengan baik dan benar?

Inilah Cara Merawat Kelinci Anggora Dengan Baik Dan Benar

Secara alamiah, kelinci anggora merupakan hewan pemakan tanaman hijau. Namun, saat memelihara kelinci sebaiknya memberikan makanan berupa pelet atau pakan pabrikan. Dalam pelet tersebut, telah terkandung aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kelinci untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, pelet tersebut juga bisa membantu pertumbuhan bulu kelinci agar tumbuh menjadi sehat dan indah. Agar kelinci tidak merasa bosan, maka sesekali berilah makanan berupa sayuran seperti kol, kubis, wortel, dan brokoli. Namun, perlu diingat bahwa sayuran yang diberikan harus sudah dalam keadaan agak layu. Hal ini disebabkan karena sayuran segar dikhawatirkan dapat menyebabkan kelinci menjadi kembung atau bahkan diare. Sebagai nutrisi tambahan untuk meningkatkan kualitas bulu kelinci, maka Anda bisa memberikan makanan tambahan berupa jerami kering. Jerami dipercaya mampu menghalangi penyumbatan internal dalam rambut sehingga bulu kelinci bisa tumbuh dengan halus, tebal, dan sehat.

Nah, itulah sedikit tips untuk merawat kelinci anggora dari segi makanan. Jika Anda rajin dan tekun dalam memberikan nutrisi terbaik untuk kelinci peliharaan Anda, maka kelinci kesayangan Anda dijamin akan tumbuh sehat hingga dewasa. Selain faktor makanan, menjaga kebersihan kelinci juga sangat penting. Dengan rajin merawat dan membersihkan kelinci, maka bulu kelinci juga akan semakin tumbuh dengan sehat dan indah.

Related posts: