Renang merupakan salah satu olahraga renang yang menyenangkan. Selain menyenangkan, berenang juga dapat membantu membangun kekuatan tubuh karena untuk bisa bergerak di dalam air seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Renang juga merupakan olahraga yang mampu melatih otot secara keseluruhan ditubuh Anda. Manfaat  olahraga renang memang sangat banyak, untuk tahu lebih lanjut mari kita simak ulasan berikut ini.

Keuntungan Berenang Secara Teratur

Berenang memberi banyak keuntungan atau manfaat. Nah berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika rajin melakukan olahraga renang.

  • Meningkatkan Kekuatan Dan Massa Otot

Seorang perenang akan mendorong dirinya melalui air yang kepadatannya 12 kali kepadatan udara. Yang berarti kekuatan yang dikeluarkan untuk dapat bergerak diair lebih besar sehingga akan membantu Anda melatih kekuatan dan massa otot.

  • Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Ketika berenang, tubuh akan melakukan adaptasi untuk menggunakan oksigen secara efisien. Dengan pengambilan oksigen dan pengeluaran CO2 atau karbon dioksida yang efektif, maka kebiasaan renang akan menurunkan tekanan darah.

  • Menyehatkan Jantung

Berenang menyerupai latihan aerobik yang mana berfungsi untuk memperkuat jantung. Tidak hanya membuat jantung menjadi lebih besar, jantung juga akan bekerja dengan lebih efisien dalam memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

  • Membuat Aktivitas Berlari Semakin Mudah

Manfaat olahraga renang berikutnya adalah akan memudahkan Anda untuk berlari. Dengan berenang, otot kaki Anda akan menjadi lebih kuat dan kemampuan jantung menjadi lebih baik serta dengan kemampuan paru-paru dalam menggunakan oksigen dengan baik akan meringankan aktivitas berlari.

  • Menurunkan Tingkat Stres

Banyak hasil penelitian yang mengemukakan bahwa flotation therapy atau posisi di mana Anda merendam seluruh tubuh di dalam air akan dapat menurunkan tingkat stres seseorang.

  • Mengontrol Berat Badan/Membakar Kalori

Berenang diakui sebagai olahraga yang membuat seseorang membakar kalori lebih besar yang berarti akan berdampak baik pada kestabilan berat badan. Untuk menaikkan jumlah kalori yang dibakar, selama berenang Anda harus melakukannya dengan sekuat tenaga lalu beristirahat selama beberapa saat.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat olahraga renang. Jika Anda berenang secara teratur, maka manfaat lainnya pun akan berdatangan, namun jika berenangnya saja tak serius maka jangan harap manfaat seperti yang di atas dapat Anda terima.

Related posts: