alat-musik-tradisional

alat-musik-tradisional

Jawa tengah menjadi salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di pulau Jawa. Jawa tengah dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki keanekaragaman budaya. Berbagai macam alat musik yang ada di Jawa tengah turut mengiringi berbagai macam upacara adat di Jawa tengah. Anda dapat menemukan beberapa alat musik tradisional di Jawa tengah. Salah satu alat musik yang terkenal disini adalah alat musik gamelan. Gamelan banyak digunakan di acara adat Jawa Tengah. Pertunjukan wayang kulit juga tidak pernah meninggalkan alat musik yang satu ini. Tidak sedikit masyarakat asing yang datang untuk belajar alat musik gamelan. Harga alat musik tradisional yang satu ini bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk satu setnya.

Jenis Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah

Selain gamelan, Jawa tengah memiliki beberapa alat musik lainnya. Berikut ini merupakan beberapa alat musik tradisional yang dimiliki Jawa tengah:

  • Saron

Saron menjadi salah satu bagian dalam instrumen gamelan. Mungkin tidak sedikit orang yang belum mengetahui alat musik yang satu ini, akan tetapi jika melihat gambar alatnya, past pernah melihat alat ini karena saron menjadi salah satu instrumen yang sering digunakan dalam pertunjukan gamelan. Dalam satu set alat musik gamelan, biasanya terdiri dari 2 atau lebih alat musik ini. Harga alat musik saron sendiri sangat beragam, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Ini tergantung dari ukuran dan kelengkapannya.

  • Kenong

Sama halnya dengan alat musik saron, kenong juga menjadi salah satu alat musik yang menyusun gamelan. Kenong dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan satu alat pemukul. Dalam musik gamelan, kenong memiliki fungsi untuk penegas irama serta batas gatr. Alat pemukul yang digunakan berasal dari kayu yang dililiti dengan kali. Dalam satu set alat gamelan, setidaknya ada 6 buah kenong yang digunakan.

  • Gong dan kempul

Kedua alat yang satu ini menjadi bagian dari instrumen gamelan. Perbedaan dari keduanya adalah dari ukurannya. Ukuran gong lebih besar dari kempul dan biasanya kempul disebut dengan anak gong.

Demikian merupakan beberapa alat musik tradisional dari Jawa tengah, jika ingin informasi lebih lanjut, maka Anda dapat mengunjungi https://alatmusik.org.

Related posts: