image_20180509_105326

Alat musik menjadi komponen utama dalam sebuah kelompok drumband, sehingga alat tersebut perlu diperlakukan dengan baik sehingga tidak mudah rusak. Biasanya untuk anak-anak usia sekolah dasar akan sangat bersemangat dalam memainkan musik sehingga alat menjadi cepat rusak. Selain diperlakukan dengan baik, saat membeli alat tersebut Anda juga harus membelinya pada tempat yang memberi layanan jual drumband SD. Mengapa demikian? Karena alat musik drumband biasanya dibedakan dari penggunanya seperti alat untuk anak TK, SD hingga perguruan tinggi.

Cara Merawat Alat Drumband

Pemilihan alat drumband sebaiknya mengutamakan kualitas dan kenyamanan bagi pemakainya. Jika Anda ingin agar alat drumband lebih tahan lama, ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah merawat alat drumband seperti di bawah ini.

  • Simpan Dalam Keadaan Kering

Perlengkapan drumband rentan sekali terkena air, entah air minum, air keringat yang jatuh ketika berlatih atau bahkan air hujan. Jika perlengkapan ini dibiarkan disimpan dalam keadaan basah maka bisa saja mengakibatkan jamur tumbuh. Disarankan agar sebelum menyimpannya, alat drumband dikeringkan atau dilap terlebih dahulu.

  • Simpan di Tempat Tinggi

Salah satu tips yang diberikan oleh tempat yang memberi layanan jual drumband SD agar alat tidak mudah rusak yaitu dengan menyimpannya di tempat tinggi atau setidaknya tidak diletakan di lantai. Lantai biasanya memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Kelembapan tersebut nantinya akan membuat alat menjadi lembap hingga basah lalu akan menjadi media tumbuh bagi jamur. Maka dari itu simpanlah alat pada posisi yang lebih tinggi.

  • Rajin Dibersihkan

Rajin membersihkan perlengkapan drumband akan membantu menghilangkan debu yang menempel atau noda lain yang ditimbulkan saat berlatih, menghilangkan air akibat lembab atau ketetesan hujan atau sumber air lainnya. Untuk perawatan harian, lap setiap alat dengan kain kering dan tetap pastikan agar alat terhindar dari air. Sedangkan perawatan mingguannya Anda dapat menggunakan air dan sabun.

  • Lakukan Stream Secara Rutin

Beberapa alat drumband memiliki kulit membran yang harus dijaga kekencangannya. Dengan menjaga kekencangannya, maka suara yang dihasilkan akan tetap baik dan menghindari sobek pada membran. Melakukan stream setiap hari adalah upaya yang dapat dilakukan, terutama untuk alat yang akan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar perlengkapan tetap awet. Jika Anda ingin tahu lebih mengenai perawatan tersebut, Anda dapat mendatangi toko yang memberi layanan jual drumband SD karena mereka mengetahui lebih baik tentang pembuatan maupun perawatan alat-alatnya.

Related posts: